BLOGGER INDONESIA

Monday 6 February 2017

contoh membuat essai tentang teknologi



“PENTINGNYA MENGIKUTI PELATIHAN JARINGAN INFORMASI DAN KOMUNIKASI”
Abad ke 19 merupakan abad kejayaan informasi pengetahuan, dimana pada masa ini adalah awal dan puncak perkembangan informasi pengetahuan. Abad selanjutnya yakni abad 20 merupakan abad permulaan hingga puncak kejayaan teknologi. Kejayaan teknologi merupakan buah dari perkembangan informasi pengetahuan. Perkembangan teknologi adalah konsep yang tak dapat terpisahkan dengan perkembangan informasi pengetahuan.
Informasi dan teknologi merupakan konsep yang berasal dari kata informasi dan teknologi. Informasi merupakan serangkaian proses yang bertujuan memperoleh fakta, opini, dll. Sedangkan teknologi merupkan konsep yang berasal dari bahasa latin yakni “Technos” dan “logos”. Technos berarti teknik dan Logos berarti ilmu. Maka teknologi memiliki arti ilmu yang mempelajari mengenai teknik yang memberikan manfaat bagi aktivitas manusia. Karya yang dihasilkan oleh perkembangan teknologi ialah diantaranya teknologi komunikasi.
Teknologi komunikasi merupakan teknik yang dikembangkan untuk menghubungkan antara subjek satu dengan subjek yang lainnya. Hubungan komunikasi yang dijalin tidak terbatas oleh ruang maupun waktu. Hal ini berarti komunikasi dapat dilakukan dimanapun, dibelahan bumi yang berbeda serta pada waktu kapanpun. Hal ini tergantung pengguna teknologi komunikasi tersebut. Teknologi telekomunikasi merupakan teknologi yang memungkinkan hubungan jarak jauh. Internet dan ATM merupakan contoh teknologi yang memanfaatkan teknologi telekomunikasi. Seiring berjalannya waktu maka manusia menganggap akan perlunya jaringan informasi dan komunikasi. Jaringan informasi memiliki arti hubungan antar individu yang terbangun untuk saling bertukar informasi satu sama lain. Sedangkan Jaringan komunikasi menurut Gonzales (1993) menyatakan bahwa Jaringan komunikasi menggambarkan komunikasi interpersonal sedangkan menurut Rogers (1983) menyatakan bahwa jaringan komunikasi adalah suatu jaringan yang terdiri dari individu-individu yang saling berhubungan, yang dihubungkan oleh arus komunikasi yang terpola. Knoke dan Kuklinski (1982) melihat jaringan komunikasi sebagai suatu jenis hubungan yang secara khusus merangkai individu-individu. obyek-obyek dan peristiwa-peristiwa.
Perkembangan jaringan informasi dan komunikasi hingga saat ini telah berkembang dengan pesat seiring dengan berjalannya waktu. Hal ini ditunjukkan oleh mudahnya mengakses informasi serta manjalin komunikasi dengan individu maupun kelompok yang ada di berbagai belahan bumi. Perkembangan ini mesti didukung oleh adanya sarana yang menunjang adanya jaringan informasi dan komunikasi seperti hardware maupun software. Kuranganya akan saran tersebut mengakibatkan kesulitan untuk mengadakan jaringan informasi dan komunikasi. Disamping itu, mesti adanya pengetahuan mengenai jaringan informasi dan komunikasi untuk mendukung terlaksananya jaringan informasi dan komunikasi dengan baik. Karena hanya dengan dasar pengetahuanlah maka kita dapat membangun jaringan informasi dan komunikasi tersebut. Maka begitu pentinglah mengikuti pelatihan tentang Jaringan informasi dan Komunikasi. 

Daftar Pustaka

Knoke, David and James Kulkinskni, 1982. Network Analysis. London: Sage Publication.

Rogers, Everett M and Lawrence D. Kincaid, 1981. Communication Network Toward a New
             Paradigm for Research.. New York: The Free Press.

Gonzales, Hernando., 1993. Beberapa Mitos Komunikasi dan Pembangunan. Dalam .Jahi, A.
             (Penyunting). 1993. Komunikasi Massa dan Pembangunan Pedesaan di Negara-negara
              Dunia Ketiga. Suatu Pengantar. Jakarta: PT Gramedia

No comments:

Post a Comment